0362 21985
bpbjsetda@bulelengkab.go.id
Bagian Pengadaan Barang dan Jasa

Bimtek BeLa Pengadaan Bagi Pelaku Usaha Penyedia Barjas

Admin bpbjsetda | 24 November 2021 | 151 kali

Singaraja, PASTI PBJ// Dengan didampingi Kasubbag Pengelolaan PBJ, Kepala Bagian Pengadaan Barang dan Jasa Setda Kab Buleleng, I Made Suwitra Yadnya, ST menghadiri kegiatan bimbingan teknis penggunaan platform e-marketplace Mbizmarket bagi penyedia barang dan jasa pemerintah pada aplikasi Bela Pengadaan bertempat di Disdagperinkopukm Kab. Buleleng, Rabu (24/11).

Bimtek dibuka Sekretaris Dinas Perdagangan, Perindustrian dan Koperasi Usaha Kecil dan Menengah Kab. Buleleng, I Ketut Yadnya, SH serta dihadiri oleh pelaku usaha penyedia Barang dan Jasa Pemerintah di Lingkup Pemerintah Kab. Buleleng dengan narasumber dari Mbizmarket yang merupakan salah satu marketplace mitra Bela Pengadaan LKPP-RI.

Kegiatan bertujuan untuk mendorong pelaku usaha/UMKM Kab. Buleleng Go Digital melalui proses belanja langsung K/L/P melalui Aplikasi BeLa Pengadaan dengan harapan proses pengadaan langsung di Lingkup Pemerintah Kab.Buleleng dapat berjalan dengan baik dan memenuhi prinsip-prinsip pengadaan barang jasa pemerintah efektif, efisien, bersaing, transparan, terbuka dan yang terpenting akuntable.

Bela Pengadaan sendiri merupakan cara Pengadaan Barang dan Jasa berbasis Teknologi/IT jadi semua transaksi terekam dengan baik dalam system hal ini tentunya sangat bermanfaat untuk kita sebagai pelaku pengadaan barang/jasa seperti:
  • Meningkatkan transparansi dan akuntabilitas PBJP;
  • Dokumen transaksi terekam dalam system sehingga jika sewaktu-waktu dibutuhkan untuk kepentingan lain tinggal download ulang;
  • Untuk Kabupaten Buleleng yang memiliki Pengelola Pengadaan Barang/ Jasa terbatas, khususnya OPD yang Pejabat Pengadaan Barang/Jasa berkedudukan di OPD lain, dengan Bela Pengadaan proses PBJ dapat dilaksanakan lebih dengan mudah, cepat dan efisien.
Selanjutnya, karena Bela Pengadaan Berbasis IT tentunya pelaku pengadaan khususnya UMKM sebagai Penyedia harus mengerti, memahami dan bisa memanfaatka aplikasi yang dikembangkan oleh masing-masing e-marketplace untuk itu melalui kegiatan bimtek ini diharapkan UMKM dapat melakukan transaksi melalui Bela Pengadaan secara mandiri.