0362 21985
bpbjsetda@bulelengkab.go.id
Bagian Pengadaan Barang dan Jasa

Sekda Suyasa Terus Dorong Belanja Pemerintah Melalui E-Katalog Lokal

Admin bpbjsetda | 19 Februari 2024 | 281 kali

Singaraja, PASTI PBJ// Sekretaris Daerah Kab. Buleleng, Gede Suyasa terus mendorong Pejabat Pengadaan Barang dan Jasa masing-masing perangkat daerah untuk selalu belanja pemerintah melalui e-katalog lokal disamping memberdayakan UMKM lokal juga mampu meningkatkan perekonomian di daerah.

Hal itu disampaikan saat memimpin Rapat Koordinasi Evaluasi Realisasi Belanja Produk Dalam Negeri (PDN) Tahun Anggaran 2023 dan Peningkatan Kapasitas Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) dengan dihadiri Pimpinan SKPD dengan didampingi Pejabat Teknis Pengadaan Barang/Jasa bertempat di ruang rapat Unit IV Kantor Bupati, Senin (19/2).

 

Dalam evaluasi pengadaan barang dan jasa ini juga diterangkan capaian Penggunaan Produk Dalam Negeri (PDN) di masing-masing SKPD, pentingnya merencanakan dan realisasi belanja pengadaan pemerintah dengan mengutamakan Produk Dalam Negeri (PDN) dan produk lokal dengan memilih produk dari UMKM dan koperasi lokal guna memicu pertumbuhan ekonomi daerah secara khusus dan nasional secara umum.

 

Dengan didampingi Kepala Bagian PBJ, I Made Sudarmika, ST.,MT beliau juga menyampaikan terkait capaian realisasi belanja PDN hingga 31 Desember 2023 mencapai 57 persen. Hampir memenuhi target realisasi yang sebesar 60 persen dan berharap dalam penyusunan proses perencanaan lebih detail dalam kandungan TKDN 40%.


Kegiatan juga diisi dengan Bimbingan Teknis kepada Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) yang dijabat oleh Pengguna Anggaran/Kuasa Pengguna Anggaran SKPD yang disampaikan oleh Advisor LKPP RI, Bapak I Made Sudarsana, SE.,MH dengan materi yang disampaikan terkait Amanat SE Kepala LKPP No. 1 Tahun 2024, Tugas dan Kewenangan PA dalam PBJ dan Pengelola Keuangan Daerah, Pengenalan PPK sesuai Tipologi, Tugas PPK Dalam Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah. (admin)