Sosialisasi Jaminan Kesehatan Bagi Peserta PPU

  • admin bpbjsetda
  • 06 Juli 2020
  • Dibaca: 26 Pengunjung

Singaraja, PASTI PBJ// Kasubag Pembinaan dan Advokasi Pengadaan Barang/Jasa, Suprihatin, SKM bersama staf mengikuti rapat Sosialisasi Jaminan Kesehatan Bagi Peserta PPU melalui video conference bertempat diruang LPSE Kab. Buleleng, Senin (06/07) pagi. Sosialisasi yang dibuka oleh Asisten Administrasi Umum, Setda Kabupaten Buleleng, Ir. Nyoman Genep, MT didampingi oleh Sekretaris Badan Pengelolaan Keuangan dan Pendapatan Daerah (BPKPD) Kabupaten Buleleng, Ni Made Susi Adnyani, SE.,Ak untuk menindaklanjuti Peraturan Presiden No. 75 Tahun 2019 tentang Jaminan Kesehatan khususnya bagi peserta Pekerja Penerima Upah (PPU) yang termasuk didalamnya meliputi peserta tenaga kontrak di Lingkup Pemerintah Kabupaten Buleleng.

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Singaraja, Elly Widiani, menjelaskan bahwa sesuai dengan Perpres tersebut tenaga kontrak di Lingkup Pemkab Buleleng akan masuk sebagai PPU (Pekerja Penerima Upah) dengan dikenakan iuran sebesar 5% dari UMK (Upah Minimum Kabupaten) yang dirinci, yaitu: 4% pemberi kerja dan 1% penerima upah dengan maksimal tanggungan sebanyak 5 orang (peserta, pasangan peserta dan 3 orang anak).

Dalam pemaparannya, Elly Widiani memaparkan tentang proses pendaftaran peserta PPU yaitu dimulai dari registrasi anggota, pendaftaran tenaga kontrak, pembayaran iuran, status kepesertaan dan tanda kepesertaan. Dalam akhir sosialisasi, Sekretaris Badan Pengelolaan Keuangan dan Pendapatan Daerah (BPKPD) Kabupaten Buleleng, Ni Made Susi Adnyani, SE.,Ak menegaskan akan menindaklanjuti sosialisasi ini dengan melakukan pertemuan dan sosialisasi kembali.

Share Post :