Apa Itu Vendor? dan Bagaimana Memilih Vendor yang Tepat

  • admin bpbjsetda
  • 29 Januari 2020
  • Dibaca: 140 Pengunjung

Dalam sebuah rantai pemasok atau biasa kita sebut dengan “Supply Chain Management”, hubungan antara pemasok (vendor) dengan sebuah proses pengadaan barang tidak dapat dipisahkan. Rantai ini merupakan jaring yang menghubungkan berbagai organisasi yang saling berhubungan dan mempunyai tujuan yang sama, yaitu mengadakan pengadaan barang (procurement) atau menyalurkan (distribution) barang tersebut secara efisien dan efektif sehingga akan tercipta nilai tambah (value added) bagi produk tersebut.

Pengertian Vendor


Dalam arti harfiahnya, vendor adalah penjual atau pemasok. Namun vendor memiliki artian yang lebih spesifik yakni pihak ketiga dalam supply chain.

Istilah vendor dalam dunia industri merupakan pelaku usaha yang menghubungkan produk dari produsen untuk sampai ke tangan customer. Dalam hal ini, vendor dapat pula di sebut supplier dari produk atau jasa.

Pemasok material adalah pelaku bisnis yang melakukan perjanjian kerja dengan kontraktor atau subkontraktor guna untuk memenuhi kebutuhan proyek akan hal material-material bangunan seperti kayu, beton, peralatan mekanikal, elektrikal, dan sebagainya.

selengkapnya klik link dibawah:

https://www.pengadaanbarang.co.id/2020/01/vendor-adalah.html

Share Post :